Ilmu Komunikasi Unifa Terbaik di Makassar

Bagi kalian yang masih bingung mau kuliah dimana dan pilih jurusan apa,saya punya rekomendasi kampus dan juga jurusan yang pastinya bakal cocok buat kamu.
Berikut profil singkat tentang jurusan ilmu komunikasi di universitas fajar

Program Studi Ilmu Komunikasi merupakan perwujudan baru Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi (STIKOM) Fajar setelah bersama-sama dengan Akademi Pariwisata Fajar (APF) dan Akademi Akuntansi Fajar (AAF) bergabung membentuk Universitas Fajar pada tahun 2008. Program Studi Ilmu Komunikasi saat ini diasuh kurang lebih 58 orang dosen, yang berkualifikasi guru besar, doktor dan master. Ilmu Komunikasi berkomitmen menjadi Pusat Pengkajian dan Pengembangan Ilmu Komunikasi di Kawasan Timur Indonesia, khususnya profesionalisme di bidang Jurnalistik, Kehumasan, Penyiaran Radio & TV.


KONSENTRASI
1. Konsentrasi Jurnalistik
Mendidik mahasiswa menjadi tenaga profesional di bidang jurnalistik (total journalist) seperti reporter media cetak, radio, televisi, media online, editor, produser berita, penulis artikel, dan jurnalis foto. Dengan standar kompetensi mampu melaksanakan tugas-tugas dasar jurnalisme seperti peliputan, penulisan, dan penyajian melalui media massa.

2. Konsentrasi Broadcasting
Mendidik mahasiswa menjadi tenaga profesional di bidang broadcasting, seperti reporter radio, televisi, media online, editor, produser siaran (program) : berita, musik & talk show. Dengan standar kompetensi mampu melaksanakan tugas-tugas dasar jurnalisme seperti peliputan, penulisan, editing, dan penyajian melalui media elektronik.

3. Konsentrasi Public Relations
Mendidik mahasiswa menjadi tenaga profesional di bidang Public Relations yang mampu bekerja sebagai PRO pada instansi pemerintah maupun perusahaan serta PR pribadi. Dengan standar kompetensi mampu melaksanakan tugas-tugas dasar PRO seperti lobi, negosiasi, presentasi & public speaking, menulis dan memproduksi media PR, mengelola konferensi pers, serta mendesain media promosi.


KURIKULUM
    Mata kuliah ditempuh sebanyak 144-160 SKS dengan masa studi 3,5-5 tahun.

KOMPETENSI LULUSAN
Secara umum kompetensi lulusan mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi, yakni:
menguasai penerapan sains dasar komunikasi,
memiliki Jiwa Entrepreneurship,
memiliki keterampilan broadcasting, journalism dan public relations,
memiliki pengetahuan ilmu komunikasi dan perangkat lunak dan keras alat/media komunikasi, serta
memiliki pengetahuan pranata sosial dan budaya publik/khalayak masyarakat.


LABORATORIUM
Laboratorium yang dimiliki saat ini adalah, laboratorium komputer, laboratorium bahasa, laboratorium televisi, radio, fotografi dan laboratorium komputer grafis.

PROGRAM UNGGULAN
Selama proses studi, mahasiswa diupayakan langsung berkenalan dengan dunia industri. Antara lain dengan melakukan proses perkuliahan secara berkala langsung di lokasi industri. Setiap dosen juga membuat program unggulan masing-masing di mata kuliah yang diasuhnya. Beberapa hasil yang telah dilakukan antara lain even Kampong Komunikasi di mata kuliah Event Organizer, Pojok Bradcast dan Monday Broadcast  pada mata kuliah kepenyiaran, dll. Diharapkan dengan mengenalkan dunia industri secara dini, mahasiswa tidak akan mengalami mis atau senjang saat menyelesaikan studi dan siap terjun ke dunia kerja.

PELUANG KERJA
Secara khusus, lulusan Program Studi Ilmu Komunikasi siap diserap industri media massa dan sektor-sektor industri lain yang memiliki Divisi Komunikasi dan Kehumasan. Seperti di instansi pemerintah (Pegawai Negeri Sipil), BUMN/BUMD dan instansi swasta. Secara umum, lulusan dapat bekerja mandiri, antara lain  dengan mendirikan perusahaan-perusahaan konsultan komunikasi dan media, penerbitan, desain, event organizer, master of ceremony (MC) serta sektor sains dan riset.

More information
Website : unifa.ac.id

Alamat  : Jl. Prof Abdurrahman Basalamah No. 101 Makassar

Komentar